Halaman

Sabtu, 14 April 2012

cara cepat menghafal pelajaran


Tips Menghafal Pelajaran SekolahTips menghafal pelajaran sekolah, menjadi panduan bagi Anda untuk mengajarkan pada anak bagaimana cara menghafal pelajaran sekolah dengan benar. Hal ini, terkadang menjadi salah satu kesulitan yang dihadapi oleh anak. Beban tersebut akan bertambah ketika hal ini menjadi bahan ledekan teman-temannya. Sebagai orangtua, sikap Anda tentu tidak diharapkan untuk memarahinya.
    Terus beri dukungan pada anak dan bantu ia untuk memahami serta menghafal pelajaran sekolah adalah hal yang justru harus Anda lakukan. Pada saat anak dihadapkan pada pelajaran baru, maka ia akan berusaha untuk mengenali dan memahaminya.
    Jika proses pengenalan dan pemahaman tersebut tidak tepat, anak akan mulai kesulitan untuk merekamnya dalam memori otak. Hal ini yang kemudian membuat anak menjadi sulit untuk menghafal atau mengingat kembali pelajaran sekolah.
    Kemampuan setiap anak untuk fokus dan konsentrasi pada satu hal memang berbeda-beda. Sebagian anak daya konsentrasinya masih terbatas. Padahal, untuk menghafal ataupun mengingat dan mempelajari setiap pelajaran sekolah dibutuhkan sebuah konsentrasi utuh.
   
Jangan menyalahkan anak, jika memang ia belum bisa mengingat secara rinci atau cepat mengenai pelajaran sekolah yang diberikan gurunya. Karena untuk menyusun sebuah ingatan yang sistematis, pemikiran anak masih sangat terbatas. Oleh karena itu, Anda harus membantunya untuk berlatih di rumah.
Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak dalam menghafalpelajaran sekolah :
  • Ajak anak untuk mengulang kembali pelajaran sekolah yang telah diberikan. Dengarkan saat anak mencoba memaparkan apa yang dipahaminya tentang pelajaran tersebut.
  • Ketahui teknik menghafal yang disukai oleh anak. Misalnya, dengan membuat catatan-catatan kecil yang ditempel di dinding kamarnya agar mudah dan sering terlihat, sehingga akan ingat dengan sendirinya.
  • Latih konsentrasi anak dengan mendampinginya belajar di ruangan yang kondusif dan nyaman. Jangan biarkan ia belajar di depan televisi karena konsentrasinya akan terpecah.
  • Beri anak istirahat yang cukup. Jangan paksakan ia belajar jika kondisinya sedang lelah.
  • Saat waktu senggang, cobalah untuk bertanya dengan santai tentang hal-hal terkait pelajaran dengan menghubungkannya pada kegiatan sehari-hari di rumah. Misalnya, mengapa bunga yang mekar di taman cenderung condong ke arah matahari.
  • Jangan membanding-bandingkan anak Anda dengan anak lain. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bantulah anak untuk mengatasi kelemahannya dan jangan menyudutkannya.
  • Jika anak memiliki bakat lain seperti, bermain musik atau sepak bola, kembangkanlah bakat tersebut dan berilah ia dukungan. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya dirinya.
Menghafal pelajaran sekolah akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan cara yang santai dan tidak monoton. Belajar tidak selamanya harus dilakukan di bangku sekolah. Tips menghafal pelajaran sekolah lainnya juga bisa Anda lakukan dengan mengajak sang anak belajar sambil berkebun atau berkemah, serta bisa juga dengan mengunjungi kebun binatang atau museum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar