Halaman

Jumat, 15 Juni 2012

Koubachi Wi-Fi Plant Sensor, Sensor Tanaman yang Dilengkapi Wifi


Sebelumnya kami sudah memuat berita tentang tanaman interaktif yang bisa menampilkan emosi dan “berkomunikasi” dengan manusia lewat sebuah sensor yang dimiliki olehnya. Tanaman tersebut dikembangkan oleh tim peneliti dari Keio University.
Kini adalagi tanaman yang telah dilengkapi dengan sensor, tapi kali ini telah dibekali juga dengan koneksi WiFi, namanya Koubachi WiFi Plant Sensor.
Koubachi Wi-Fi Plant Sensor adalah sensor tanaman yang punya koneksi Wi-Fi sehingga semua data yang didapat dari tanaman akan bisa langsung terkirim ke komputer, tablet atau ponsel tanpa harus menyambungkan alat ini terlebih dahulu.
Melalui sensor tanaman ini kita dapat memeriksa 3 hal penting untuk membuat tanaman tetap hidup yaitu kelembaban tanah atau kadar air, suhu dan juga sinar matahari. Ketika sensor menditeksi ada yang tidak beres dari 3 hal tersebut maka teknologi yang ada akan langsung mengirim data ke jaringan Wi-Fi kemudian diteruskan ke komputer atau iphone dan iPad melalui bantuan aplikasi.
Koubachi Wi-Fi Plant Sensor juga akan otomatis terhubung ke database mereka sehingga kita bisa mengetahui setting yang tepat untuk tanaman yang kita miliki.
Sensor ini menggunakan 2 buah baterai AA sebagai sumber listriknya dan diklaim bisa digunakan selama 1 tahun. Sayangnya sensor tanaman ini hanya bisa digunakan di dalam ruangan saja dan dijual dengan harga US$ 168.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar